Kamis, 10 Desember 2015

Mengenal Kepribadian Introvert



Apa itu introvert? Mungkin ada beberapa dari teman-teman yang tidak tahu atau bahkan belum sadar bahwa dirinya adalah seorang introvert. Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang introvert. Oke, kita mulai dari sifat dasar introvert (yang terlihat secara langsung), yaitu; pendiam, tenang, penyendiri, dan menjauhi sosialisasi.

Bertentangan dengan kebanyakan pendapat orang, introvert bukan hanya orang yang pemalu. Bahkan, menjadi pemalu tidak ada hubungannya dengan menjadi seorang introvert! Sifat pemalu itu memiliki unsur ketakutan, kegelisahan dan kecemasan, dan sementara itu seorang introvert juga mungkin pemalu, introversi sendiri bukan pemalu. Itu artinya, belum tentu seorang pemalu itu introvert. Karena pada dasarnya, seorang introvert adalah orang yang mendapatkan energi dengan menyendiri dan energinya akan terkuras habis jika berada di dalam keramaian.


Introvert lebih memilih untuk berada di dunia mereka yang berada dalam (batin dan pikiran). Mereka menikmati waktu-waktu mereka untuk berpikir, introspeksi dan perasaan mereka. Mereka sering menghindari situasi sosial karena jika berada di sekitar orang-orang dapat menguras energi mereka. Hal ini juga berlaku kalaupun mereka memiliki keterampilan bersosialisasi yang baik. Mereka membutuhkan waktu sendiri (menyendiri) untuk "beristirahat atau mengisi ulang", Setelah berada dengan orang-orang dalam jangka waktu yang lama, seperti di sebuah pesta.

  
Ketika seorang introvert sedang menyendiri, itu bukan berarti mereka sedang depresi atau sedih. Ini tandanya kalau mereka juga perlu mendapatkan kembali energi mereka, seperti extrovert yang akan mendapatkan energi jika berada di keramaian atau pesta, namun introvert tidak, mereka hanya menginginkan waktu untuk bersama pikiran mereka sendiri. Bersama orang-orang yang mereka sukai dan merasa nyaman.

Menjadi seorang yang introspektif, bukan berarti kalau seorang introvert tidak pernah berkomunikasi. Namun, biasanya percakapan mereka berisi hal-hal tentang ide-ide dan konsep, bukan tentang hal-hal sepele sepeti berbasa-basi. Introvert pada umumnya sangat sulit untuk dijumpai di dunia kita. Sebab, kepribadian mereka yang sangat tertutup, mereka cenderung menjauhkan diri dari masyarakat, menyendiri dan berpikir. Jadi, kebanyakan seorang introvert berprofesi sebagai penulis, pelukis, ilmuan, musikalis, peneliti, dll. Bukan dengan hal-hal yang terlibat dengan banyak orang atau keramaian.

Populasi introvert sekitar 60% dari populasi yang berbakat, namun hanya sekitar 25-40% dari populasi umum.

Untuk mengetahui apakah kalian introvert atau extrovert, kalian harus test MBTI terlebih dahulu. Namun, apakah teman-teman tahu apa itu MBTI? Untuk yang belum tahu saya jelasin sedikit lagi saja ya dan untuk yang sudah kalian bisa langsung baca kebawah. Nah, MBTI itu merupakan tes psikologi dan tujuannya adalah memahami pribadi secara obyektif. Kenapa disebut obyektif?! karena orang yang memberikan feedback (umpan balik) maupun hasil kuesioner (daftar petanyaan) tersebut, akan mengacu pada suatu standar tertentu, atau membandingkannya dengan populasi tertentu. Dan MBTI berguna untuk mengenali perilaku dalam memperoleh dan memproses informasi, mengambil keputusan, dan cara berhubungan dengan dunia. Kalau kalian ingin mencoba testnya bisa diwebsite ini: 


Nah, sifat introvert juga dibagi-bagi lho. Tidak semua orang yang memiliki sifat introvert itu mempunyai pembawaan atau pemikiran yang sama. Ada introvert-melankolis dan ada juga yang introvert-plegmatis. Berdasarkan dari test psikologi MBTI, introvert juga bisa bagi menjadi 8 bagian, yaitu; ISTP, INFP, INFP, INTP, ISTJ, ISFJ, INFJ, dan INTJ. Atau jika kalian paham atau mengerti dengan diri kalian sendiri. Kalian bisa mencari yang cocok yang menurut kalian dari penjelasan dibawah ini. Tapi, saran saya sih di test dulu ke websitenya. Berikut penjelasannya. :)


ISTP - The Mechanic
Tenang dan pendiam, tertarik dengan “bagaimana?” dan “mengapa?” sesuatu bekerja. Keterampilan mereka biasanya sangat baik dengan hal-hal mekanik. “Pengambil resiko”  untuk kehidupan untuk sekarang. Biasanya tertarik dan berbakat di olahraga ekstrim. Tidak mengambil rumit suatu hal dalam mencapai keinginan mereka. Setia kepada rekan-rekan dan sistem-sistem nilai internal mereka, Namun mereka tidak terlalu khawatir dengan hukum dan aturan, jika itu memang menghambat mereka untuk mendapatkan sesuatu terselesaikan. Mengasingkan diri dan analitis, mereka unggul dalam mencari solusi untuk masalah-masalah praktis.


ISFP - The Artist
Tenang, serius, sensitif dan tulus. Sangat tidak menyukai konflik, dan manjauhi hal-hal yang dapat menimbulkan konflik. Setia dan berbakti. Perasaan mereka sangat peka dan sangat mudah tersentuh, dan mengapresiasikan estetika seni, kecantikan, keindahan. Tidak tertarik untuk menjadi memimpin atau memerintah orang lain. Fleksibel dan berpikiran terbuka. Mereka orisinal dan kreatif. Menikmati momen-momen saat ini, calm.


INFP - The Idealist
Tenang, reflektif, dan idealis. Tertarik dalam hal kemanusiaan. mengembangkan dengan baik nilai-nilai sistem, yang dimana membuat mereka berusaha untuk hidup dengan sesuai nilai-nilai tersebut. Sangat setia. Beradaptasi dan santai, kecuali nilai yang sangat “dipegang” tersebut terancam. Biasanya mereka adalah penulis yang berbakat. Moody, dan mampunyai kemampuan melihat “kemungkinan”. Tertarik untuk memahami dan membantu orang.


INTP - The Thinker
Logis, menjadi diri sendiri, pemikir kreatif. Mereka bisa menjadi sangat bersemangat jika dihubungkan dengan topik teori dan ide. Mampunyai kemampuan untuk mengubah teori menjadi pemahaman yang lebih jelas. Sangat menghargai ilmu pengetahuan, kompetensi dan logika. Tenang dan pendiam, sulit untuk mengenal dengan baik. Individualistis, tidak memiliki kepentingan dalam memimpin atau mengikuti orang lain.


ISTJ - The Duty Fulfiller
Serius dan tenang, tertarik pada keamanan dan hidup damai. Sangat teliti, bertanggung jawab, dan bisa diandalkan. Mengembangkan dengan baik kemampuan konsentrasi. Biasanya tertarik dalam hal mendukung dan mempromosikan tradisi dan pendirian. Terorganisasi dengan baik dan pekerja keras, mereka bekerja terus menuju tujuan yang teridentifikasi. Mereka biasanya dapat menyelesaikan tugas apapun setelah mereka telah menetapkan pikiran mereka untuk itu.



ISFJ - The Nurturer
Tenang, baik hati, dan teliti. Dapat diandalkan untuk menindaklanjuti. Biasanya menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri. Stabil dan praktis, mereka menghargai keamanan dan tradisi. Perasaan dikembangkan dengan baik pada tempat dan fungsi (melihat sikon). Rasa batin yang kuat dalam mengamati orang-orang sekitar. Sangat perseptif dengan perasaan orang lain. Tertarik dalam merawat orang lain.


INFJ - The Protector
Walaupun pendiam mereka kuat, asli, dan sensitif. Cenderung menyelesaikan sesuatu sampai terselesaikan. Sangat intuitif dengan orang lain, dan mudah kasihan kepada perasaan orang lain. Membangun dengan baik nilai-nilai sistem yang ketat. Sangat menghargai ketekunan mereka dalam melakukan hal yang benar. Kemungkinan untuk menjadi individualistik, daripada memimpin ataupun pengikut.


INTJ - The Scientist
Independen (bebas), logis, analitis, dan memastikan. Memiliki kemampuan yang luar biasa untuk mengubah teori ke dalam bentuk rencana aksi yang solid. Sangat menghargai ilmu pengetahuan, kompetensi, dan struktur. Mendorong atau bergerak mencari tahu untuk memperoleh arti dari visi mereka. Berpikir panjang dan memiliki standar yang sangat tinggi untuk kinerja mereka, dan juga kinerja orang lain. Pemimpin alamiah, namun akan mengikuti jika mereka meyakini bahwa pemimpin tersebut ada atau masuk akal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar